Senin, Desember 24, 2007

Profil SMP Negeri 2 Cimahi Tercinta

SMP Negeri 2 Cimahi, telah eksis berkiprah dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar sejak tahun 1958/1959 dengan nama SGBN 1 Cimahi. Kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan gedung “Juliana School” sebagai situs bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang didirikan tahun 1887, berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 152 Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Bangunan tersebut berlokasi di area seluas 10.030 m2, dikelilingi oleh perkampungan dan Kompleks Perwira Angkatan Darat (KPAD Pusdik Armed), berada pada posisi kira-kira 70 meter di sebelah selatan Jalan Jendral Sudirman, juga sekira lima menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan dari jalan tol Baros.Selama ini, kegiatan pembelajaran dilaksanakan dalam satu shift (shift pagi), karena jumlah ruang kelas yang tersedia mencukupi bagi terlaksananya kegiatan belajar mengajar secara penuh, yaitu sebanyak 32 ruangan.

Pada tahun ajaran 2006/2007, siswa yang mengenyam pendidikan berjumlah 1331 orang, yang tersebar di kelas VII-1 sampai VII-10, VIII-1 sampai VIII-10, dan IX-1 sampai IX-10 (Komite Sekolah, 2007). Namun untuk tahun ajaran ini tentu saja jumlah siswa jauh lebih banyak karena rombongan belajar kelas VII berjumlah 12 kelas.

Personalia penyelenggara kependidikan SMPN 2 Cimahi berjumlah 92 personil, terdiri dari 80 personil guru dari 16 mata pelajaran, 8 personil pelaksana ketatausahaan, dan 4 personil petugas khusus yang bertugas menjaga sekolah serta menjadi petugas kebersihan. Di SMPN 2 Cimahi, juga bermukim 3 keluarga dari petugas khusus (penjaga sekolah) dalam rumah dinas yang disediakan sekolah.

Dari segi akademik, SMPN 2 Cimahi memiliki prestasi yang cukup baik sebagai peringkat ketiga sekota Cimahi, sehingga menjadi sekolah yang termasuk sebagai klaster 1. SMP ini juga pernah dinobatkan menjadi Juara 2 Sekolah Sehat tingkat SMP Se-Jawa Barat tahun 2004 lalu. Ditinjau dari kegiatan ekstrakurikuler yang dikembangkan, SMP Negeri 2 Cimahi memiliki kegiatan ekstrakurikuler terbanyak, yaitu 20 ekstrakurikuler baik dalam bidang kesenian maupun olahraga.

3 komentar:

Waw mengatakan...

Bu Gyta neh aku kirim video anak marching Band smp 2 walau di bagian ekornya........

http://www.youtube.com/watch?v=0zWLNqnTmc4

odent mengatakan...

bu gyta teh anu mana tea nya?
salam ajah bu, saya alumni SMP2 angkatan "97-00"!!!

Kang Dani mengatakan...

Selamat buwat SMP Negeri 2 Cimahi atas segala keberhasilan yang selama ini telah diraih. Semoga bisa terus ditingkatkan dan semakin maju lagi....Selamat Juga buwat Bu Gita dan seluruh staf pengajarnya. Kalian semua memang patut kami teladani.....selamat...selamat...sakali deui wilujeng......