Senin, November 01, 2010

Uji Kandungan Makanan

Pembelajaran Uji Kandungan Makanan ini dilakukan untuk membuktikan kandungan zat makanan pada berbagai makanan yang selama ini sering dikonsumsi. Dapat dikatakan bahwa materi inilah yang pertama kali dipelajari siswa pada konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia. Adapun bahan-bahan yang diuji merupakan bahan yang sederhana sebanyak 4 (empat) macam, yaitu terigu, minyak goreng, putih telur, dan glukosa. Sebenarnya bahan-bahan uji dapat dikembangkan, misalnya dengan menambahkan mentega/margarin, nasi, vitamin C dosis tinggi (yang mudah ditemui di pasar), garam, air, tahu/tempe bila alokasi waktu pembelajaran lebih dari 2 X 40 menit, namun hal ini sulit untuk dipenuhi. Masing-masing makanan akan diuji kandungan karbohidrat, glukosa, protein dan lemak. Pengujian karbohidrat dilakukan menggunakan iodium, glukosa oleh uji Benedict, protein oleh uji Biuret, sementara uji lemak menggunakan alat konvensional berupa kertas.

Setiap kelompok memperoleh satu set peralatan praktikum yang meliputi: 4 tabung reaksi, 1 pembakar spirtus, 1 penjepit tabung reaksi, 1 sendok pengaduk, korek api, 1 pelat tetes, 4 pipet, tisu, dan kertas buram. Sebelum praktikum dilaksanakan tak lupa perlu ditanamkan rasa bertanggung jawab kepada siswa dalam melaksanakan kegiatan. Mereka harus bersungguh-sungguh, serius, berhati-hati dalam melaksanakan setiap langkah kerja agar tidak membahayakan dirinya dan orang lain. Penting juga untuk mengingatkan siswa untuk senantiasa menjaga kebersihan peralatan dan laboratorium, segera mencuci peralatan dan mengeringkannya setelah praktikum usai.

Menguji Kandungan Glukosa Melalui Uji Benedict

Keempat Bahan (dari Kiri-Kanan): Terigu, Minyak, Putih Telur
(bawah) Glukosa Telah Ditetesi Iodium

Silakan mengunduh file Lembar Kerja Siswa (LKS) di http://www.scribd.com/doc/86035940/Uji-Kandungan-Makanan agar lebih dapat memahami langkah kerja yang dilakukan.

UJI KANDUNGAN MAKANAN edit.doc - 58.0 KB

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi all. How are you?

afreeda mengatakan...

mbak,,saya juga anak pendidikan biologi tapi dari universitas negeri malang...
mungkin kita bisa share tentang bio,,heheh.. saya bisa minta alamat email nya kah? terima kasih dan salam kenal ya,, :)

argianka mengatakan...

file nya kok sudah tidak ada? thx

Gita Nurul Puspita mengatakan...

@afreeda: salam kenal, e-mail saya gitanurul@gmail.com

@argianka: filenya sudah saya re-upload. thanks